You are here: Home Fakultas

Universitas Hang Tuah Surabaya

Fakultas

E-mail Print PDF

 

Sampai saat ini Universitas Hang Tuah telah membina 1 Program Diploma 3, 6 Fakultas dengan 14 Program Studi dan 1 Program Pasca Sarjana, sebagai berikut:

1.    Program Diploma Pelayaran (PDP)

Program Diploma Pelayaran telah mendapatkan Rekomendasi B dari Badan Diklat Perhubungan Laut No. 076/Rekom/II/Diklat-2005 dan sudah mendapatkan Approval. Adapun tujuan berdirinya PDP adalah:
a.    Mendidik dan melatih disiplin, etika dan kepemimpinan serta membekali Taruna dan taruni untuk meraih gelar A.Md (Ahli Madya) Nautika dan Teknika
b.    Mendidik Taruna dan taruni Jurusan Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga (KPN) untuk meraih gelar A.Md (Ahli Madya) sebagai calon Tenaga Kepelabuhanan.
c.    Mendidik Taruna dan taruni Jurusan Nautika dan Teknika untuk meraih gelar Profesi Pelaut ANT-III (Ahli Nautika Tingkat III) dan ATT-III (Ahli Teknika Tingkat III) sebagai calon Perwira Pelayaran Niaga yang professional dan bertaraf internasional.

2.    Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK)

FTIK membina 5 jurusan yaitu Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Elektro, Teknik Kelautan (Oseanografi) dan Perikanan.
a.    Jurusan Perkapalan merupakan program strata satu yang terakreditasi B dengan konsentrasi studi Perencanaan Kapal yang terbagi dalam bangunan kapal dan reparasi kapal, konstruksi dan kekuatan kapal.
b.    Jurusan Teknik Sistem Perkapalan (Teknik Permesinan Kapal) merupakan program strata satu yang telah terakreditasi B, dengan konsentrasi studi Propulsi kapal dan Sistem Perpipaan. Jurusan Teknik Sistem Perkapalan ini memiliki Laboratorium Mesin Kapal, Laboratorium Mesin Fluida & Sistem dan Laboratorium Listrik Kapal.
c.    Jurusan Teknik Elektro merupakan program strata satu yang telah terakreditasi B, dan memiliki konsentrasi Elektronika dan Energi Listrik. Ketiga jurusan di atas memiliki satu kesatuan sasaran pendidikan, yaitu teknologi bangunan baru, reparasi kapal, teknologi konstruksi baja dan teknologi las serta navigasi dan pengaturan (controll).
d.    Jurusan Teknik Kelautan (Oseanografi) merupakan program strata satu yang telah terakreditasi B, dengan konsentrasi studi dengan penekanan studi: fisika laut, biologi laut dan hidrografi. Jurusan Teknik Kelautan (Oseanografi) memiliki laboratorium geodesi/geologi dan laoratorium oseanografi.
e.    Jurusan Perikanan merupakan program strata satu yang telah terakreditasi B, dengan konsentrasi studi dengan konsentrasi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Budidaya Perairan dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.

3.    Fakultas Kedokteran (FK)

FK merupakan program strata satu yang telah terakreditasi B, membina satu program studi yaitu ilmu kedokteran. Sasaran studi kedokteran umum dan kedokteran kemaritiman. Program pendidikan sarana kedokteran terdiri atas 3 sub program yaitu bidang alamiah dasar kedokteran dan kedokteran umum; bidang ilmu kedokteran dasar dan bidang kedokteran dasar klinik. Program pendidikan profesi dokter berupa kepaniteraan yang terbagi menjadi 2 sub program yaitu bidang kedokteran klinik medik dan bidang kedokteran klinik bedah. FK memiliki laboratorium anatomi, histologi, faal biokimia, mikrobiologi, parasitologi, patologi anatomi, patologi klinik, farmakologi, kesehatan maritim, kesehatan masyarakat, bedah kebidanan dan kandungan, penyakit dalam, kesehatan anak, kedokteran jiwa, penyakit mata, penyakit THT, penyakit syaraf, penyakit kulit dan kelamin, radiologi dan anestesi.

4.    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

FISIP merupakan program strata satu yang membina dua program studi yaitu ilmu administrasi negara/publik dan ilmu administrasi niaga/bisnis. Program studi ilmu administrasi negara/publik dengan muatan lokal pada manajemen kepelabuhanan dan memiliki laboratorium kebijakan pembangunan pesisir. Sedangkan program studi ilmu administrasi niaga/bisnis dengan muatan lokal pada manajemen transportasi laut, dan memiliki laboratorium akutansi dan sistem informasi manajemen.
Untuk mendukung program pembangunan nasional di bidang kemaritiman, FISIP juga membina Program Pascasarjana Magister Administrasi Publik konsentrasi Kebijakan Maritim. Program S2 ini dapat ditempuh selama 4 semester dan menjadi ahli kebijakan di bidang kemaritiman.

5.    Fakultas Hukum (FH)


FH merupakan program strata satu dan profesi, dengan nilai akreditasi B, yang membina satu program studi yakni ilmu hukum. Program ini mempunyai arah minat kekhususan pada hukum internasional, hukum keperdataan dan hukum kepidanaan. Untuk meningkatkan sistem pendidikan, FH juga menyelenggarakan program magang ke berbagai instansi hukum.

6.    Fakultas Kedokteran Gigi (FKG)

FKG merupakan program strata satu dan profesi yang membina satu program studi yaitu ilmu kedokteran gigi. Sasaran studinya ialah ilmu kesehatan gigi dan mulut. Program pendidikan FKG melalui 2 tahap yaitu: (1) program akademik dengan beban studi 145 sks untuk mendapat gelar sarjana kedokteran gigi, dan (2) program profesi dengan beban studi 30 sks untuk mencapai gelar dokter gigi. FKG memiliki laboratorium anatomi, histologi, faal, biokimia, mikrobiologi, parasitologi, patologi anatomi, patologi klinik, farmakologi, farmasi, biologi mulut, MTKG, IKGM, radiologi, konservasi gigi, bedah mulut, penyakit mulut, periodonsia, prostodonsia, ortodonsia, dan pedodonsia.

7.    Fakultas Psikologi (FPsi)


Merupakan program strata satu ilmu psikologi. Kurikulum disusun berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional no. 0232/2000 dan 045/2002 tentang kurikulum yang berlaku pada program studi psikologi, berdasarkan kesepakatan penyelenggaraan program studi, masyarakat profesonal (Himpunan Psikologi Indonesia) dan Alumni Psikologi. Untuk menempuh pendidikan sarjana psikologi diperlukan waktu 8 semester. Dengan beban studi 144 sks. Alumni dapat bekerja sebagai tenaga personalia/HRD di perusahaan/instansi, terapis rumah sakit, biro konsultan, Lembaga Pendidikan dan Penelitian, Instansi Pemerintah dan Swasta, BUMN/BUMD, Perwiran TNI/POLRI.

 

UHT Bersertifikasi

OVS ES Microsoft

 

Google Apps For Education

SMART ENGINEERING SIMULATION